Kesaksian peserta TFT - LSA : Menghafal Al Quran dengan Cepat Mudah dan Menyenangkan di SDIT Fajar Hidayah Cibubur
Written by Administrator   
Monday, 14 May 2012 13:26

Alhamdulillah,

Setelah dalam rentang waktu yang cukup lama tidak mengikuti training/workshop/seminar dan sejenisnya, akhirnya Alloh Azza wa Jalla memberikan nikmat kepada saya dan keluarga pada Sabtu, 31 Maret 2012 lalu di Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah, Kota Wisata, Cibubur untuk mengikuti sebuah Training for Trainer Lintas Sahabat Al Quran(TFT LSA) tentang METODE MENGHAFAL AL QUR’AN dan TERJEMAHNYA dengan METODE AL HUSEN.

Sesuai dengan namanya, yang mengembangkan metode ini adalah Pak Arif Husen dan tim. Beliau adalah seorang Pengusaha yang pada awalnya mengalami kesulitan pada saat ingin menghafal Al Quran. Akhirnya beliau mengembangkan metode ini yang pada prinsipnya mengaitkan antara ayat-ayat Al Qur’an yang ingin dihafal dengan gambar tertentu sebagai PENGINGAT (dalam dunia training/pelatihan disebut dengan JANGKAR/ANCHOR).

Rangkaian gambar yang digunakan sebagai ANCHOR disebut STEPPING STONE PAPER. Sebagai contoh peraga kami menggunakan Surah ArRahman untuk dihafal. Dalam waktu yang sangat singkat peserta dapat dengan cukup mudah menghafal 6 ayat awal Surat ArRahman beserta terjemahnya. Subhanallah.

Kemudian peserta dibagi ke dalam 4 kelompok untuk melakukan MICRO TEACHING (latihan kelompok) di mana masing-masing kelompok harus menghafal 10 ayat dari surat yang ditentukan dalam waktu tertentu dengan metode yang telah diajarkan. Kelompok kami memperoleh Surat AnNaba. Setelah waktu yang ditentukan tiap-tiap kelompok harus melafalkan secara berkelompok dan dikeraskan suara surat yang harus dihafal. Subhanallah, dalam waktu hanya sekitar 30 menit kelompok kami bisa menghafal 10 ayat awal dari Surat AnNaba dan terjemah kata per katanya. Demikian juga halnya dengan kelompok lainnya.

Menjelang sore, karena ini adalah TFT di mana peserta disiapkan untuk menjadi TRAINER maka diberikan juga materi PUBLIC SPEAKING. Walaupun hanya singkat namun materi ini cukup memberikan bekal kepada kami akan bisa percaya diri dalam membawakan Metode Al Husen ini.

Ulasan.

Setelah mencermati dan mengikuti training ini, kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh METODE AL HUSEN adalah:

1. Sederhana

Alat yang digunakan:

• Al Qur’an terjemah kata per kata

• Audio Al Quran digital/Guru Tahsin

• Stepping stone paper

2. Menyenangkan

3. Cepat

4. Dapat digunakan oleh semua usia

Karena menggunakan gambar-gambar maka sangat menyenangkan untuk anak-anak dan memudahkan untuk mengingat bagi para lanjut usia.

5. Selain menghafal ayat-ayat Al Qur’an dapat pula hafal terjemahnya

Akhir kata, terima kasih untuk Pak Arif dan tim yang telah bersedia untuk meluangkan waktu, tenaga dan dananya untuk mengadakan training ini. Semoga metode ini dapat menjadi salah satu wasilah/jalan untuk kaum muslimin agar dapat kembali meraih kejayaannya melalui generasi yang Qur’ani.

Amin Ya Rabbal Alamin.

Salam,

Abu Dzakirah

(Di Copy dari blog : http://rakhmatmulyana.com/2012/04/01/metode-al-husen-cepat-mudah-menghafal-al-quran-terjemah/)

 

Last Updated on Monday, 14 May 2012 14:41